Contoh Soal Tugas dan Jawaban Pengantar Pendidikan PGSD

 1. Hakikat manusia adalah seperangkat gagasan atau konsep yang mendasar tentang manusia dan makna eksistensi manusia di dunia.

a.Uraikan  tujuan hidup manusia sebagai makhluk beragama ?

b.Jelaskan  asas-asas antropologis yang mendasari manusia dapat dididik ?  

jawab : 

a. Tujuan Hidup manusia sebagai mahkluk beragama adalah ;

  • Menghormati Sang Pencipta
  • untuk meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik, Karena manusia perlu mengembangkan akal budinya dalam hidup beragama agar hidupnya lebih terarah.

Contohnya ; didalam setiap agama tentunya diajarkan hal hal yang baik dan dapat merubah pola pikir manusia. Misalnya seseorang biasa melakukan kejahatan, tetapi setelah dia mulai mengenal Tuhan dan dan hidup beragama, ia tidak lagi melakukan kejahatan.

b. Asas – asas antropologis yang mendasari manusia dapat dididik ;

  • Potensialitas

Manusia memiliki potensi yang memungkinkan ia menjadi manusia, tetapi untuk itu ia memerlukan pendidikan. Contohnya dalam aspek kesusilaan manusia diharapkan mampu bertingkah laku sesuai dengan norma-norma moral dan nilai-nilai moral yang diakui. Dalam hal ini manusia memiliki potensi berbuat baik yang perlu didik

  • Dinamika

Manusia selalu gerak aktif baik dalam aspek fisiologis maupun spiritualnya. Ia selalu menginginkan dan mengejar segala hal yang lebih dari apa yang telah ada atau yang telah dicapainya. Ia berupaya untuk mengaktualisasikan diri agar menjadi manusia ideal baik dalam rangka interaksi atau komunikasinya secara horizontal (manusia dengan manusia) maupun vertikal atau transcendental (manusia dengan Tuhan). Jika ditinjau dari sudut pendidik, pendidikan dilakukan dalam rangka membantu manusia agar menjadi manusia ideal.

  • Individualitas

Setiap individu memikiri kedirisendirian (subjektivitas) dimana ia berbeda dari yang lainnya dan memiliki keinginan untuk menjadi seseorang sesuai keinginan dirinya sendiri. Sebagai individu ia tidak pasif, melainkan bebas dan aktif berupaya untuk mewujudkan dirinya. Pendidikan dilaksanakan untuk membantu manusia untuk mengaktualisasikan atau mewujudkan dirinya sendiri. 

  • Sosialitas

Sebagai makhluk sosial manusia hidup bersama dengan sesamanya. Dalam kehidupan ini akan terjadi hubungan timbal balik anatar manusia. Setiap individu akan menerima pengaruh dari individu lainnya. Hal ini berarti manusia memliki kemungkinan untuk dididik sebagai upaya pemberian pengaruh pendidikan yang disampaikan melalui interaksi atau komunikasi antar sesama manusia. 

  • Moralitas

Manusia memiliki kemampuan untuk membedakan antara yang baik dan tidak baik, dan pada dasarnya ia berpotensi untuk berperilaku baik atas dasar kebebasan dan tanggung jawabnya (aspek moralitas). Pendidikan hakikatnya bersifat normatif, artinya dilaksanakan berdasarkan sistem nilai dan norma tertentu yang ada di masyarakat. Manusia diarahkan untuk mewujudkan manusia ideal, yaitu manusia yang diharapkan sesuai dengan sistem nilai dan norma tersebut. Pendidikan bersifat normatif dan manusia memiliki dimensi moralitas karena itu aspek moralitas memungkinkan manusia untuk dapat didik.

2. Pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia baik dalam bentuk formal dan informal. Kaitkan  pendidikan dan hak asasi manusia

jawab :

  • Hak asasi manusia merupakan hak-hak alamiah yang tidak dapat dicabut karena ini adalah karunia Tuhan.Hak hidup, kebebasan dan pengejaran kebahagian.
  • Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Dilihat dari masing- masing pengertian dapat dikaitkan bahwa, Pendidikan sangat penting bagi setiap orang, sehingga hak untuk mendapatkan Pendidikan menjadi hak asasi bagi setiap orang.

3.Pendidikan selain memiliki tujuan, memiliki beberapa landasan salah satunya landasan sosiologi, Analisis hubungan timbal balik pendidikan dan masyarakat ? 

jawab :

Hubungan timbal balik masyarakat dan Pendidikan

  • Kehidupan ekonomi

    Makin tinggi Pendidikan seseorang, maka peluang kesejateraan ekonominya akan lebih tinggi, sehingga banyak masyarakat ingin menimbah ilmu Pendidikan setinggi – tingginya

  • Stratifikasi sosial
  • Mobilitas sosial
  • Perubahan sosial.
4. Pendidikan adalah membimbing untuk mengeluarkan suatu kemampuan yang tersimpan di dalam diri anak.

a.       Jelaskan Unsur-unsur Pendidikan ?

Sebutkan dan rinci jenis pergaulan berdasarkan pelakunya?

Jawab :

a. Unsur – unsur Pendidikan

Secara umum Pendidikan merupakan pengalaman hidup yang berlangsung dan berpengaruh positif bagi perkembangan seseorang.

 

Unsur Pendidikan yang pertama yaitu;

  1. Keluarga,

Merupakan lingkungan Pendidikan yang pertama dan utama karena manusia pertama kalinya memperoleh Pendidikan dilingkungan ini sebelum mengenal lingkungan yang lain.

2. Sekolah,

Proses Pendidikan disekolah melibatkan banyak hal,

Anatara lain;

  • Tujuan pendidikan
  • Peserta didik
  • Pendidik

3. Dan unsur yang ke tiga adalah masyarakat


b. Jenis pergaulan berdasarkan pelakunya

  • Pergaulan individu

adalah proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu

  • Pergaulan kelompok

adalah proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan kelompok

  • Pergaulan campuran

adalah proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan kelompok, atau proses interaksi yang dilakukan oleh kelompok dengan kelompok. 

No comments:

Diskusi 3 - Evaluasi Pembelajaran Di SD - PDGK4301

hay teman - teman mahasiswa... Dibawah ini saya membagikan jawaban dari pertanyaan diskusi pada pertemuan ke tiga Mata Kuliah Evaluasi  Pemb...