1. Hakikat manusia adalah seperangkat gagasan atau konsep yang mendasar tentang manusia dan makna eksistensi manusia di dunia.
a.Uraikan tujuan hidup manusia sebagai makhluk beragama ?
b.Jelaskan asas-asas antropologis yang mendasari manusia dapat dididik ?a. Tujuan Hidup manusia sebagai mahkluk beragama adalah ;
- Menghormati Sang Pencipta
- untuk meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik, Karena manusia perlu mengembangkan akal budinya dalam hidup beragama agar hidupnya lebih terarah.
Contohnya ; didalam setiap agama tentunya diajarkan hal
hal yang baik dan dapat merubah pola pikir manusia. Misalnya seseorang biasa
melakukan kejahatan, tetapi setelah dia mulai mengenal Tuhan dan dan hidup
beragama, ia tidak lagi melakukan kejahatan.
b. Asas – asas antropologis yang mendasari manusia dapat dididik ;
- Potensialitas
Manusia memiliki potensi yang memungkinkan ia menjadi
manusia, tetapi untuk itu ia memerlukan pendidikan. Contohnya dalam aspek
kesusilaan manusia diharapkan mampu bertingkah laku sesuai dengan norma-norma
moral dan nilai-nilai moral yang diakui. Dalam hal ini manusia memiliki potensi
berbuat baik yang perlu didik
- Dinamika
Manusia selalu gerak aktif baik dalam aspek fisiologis
maupun spiritualnya. Ia selalu menginginkan dan mengejar segala hal yang lebih
dari apa yang telah ada atau yang telah dicapainya. Ia berupaya untuk
mengaktualisasikan diri agar menjadi manusia ideal baik dalam rangka interaksi
atau komunikasinya secara horizontal (manusia dengan manusia) maupun vertikal
atau transcendental (manusia dengan Tuhan). Jika ditinjau dari sudut pendidik,
pendidikan dilakukan dalam rangka membantu manusia agar menjadi manusia ideal.
- Individualitas
Setiap individu memikiri kedirisendirian (subjektivitas) dimana ia berbeda dari yang lainnya dan memiliki keinginan untuk menjadi seseorang sesuai keinginan dirinya sendiri. Sebagai individu ia tidak pasif, melainkan bebas dan aktif berupaya untuk mewujudkan dirinya. Pendidikan dilaksanakan untuk membantu manusia untuk mengaktualisasikan atau mewujudkan dirinya sendiri.
- Sosialitas
Sebagai makhluk sosial manusia hidup bersama dengan sesamanya. Dalam kehidupan ini akan terjadi hubungan timbal balik anatar manusia. Setiap individu akan menerima pengaruh dari individu lainnya. Hal ini berarti manusia memliki kemungkinan untuk dididik sebagai upaya pemberian pengaruh pendidikan yang disampaikan melalui interaksi atau komunikasi antar sesama manusia.
- Moralitas
Manusia memiliki kemampuan untuk membedakan antara yang
baik dan tidak baik, dan pada dasarnya ia berpotensi untuk berperilaku baik
atas dasar kebebasan dan tanggung jawabnya (aspek moralitas). Pendidikan
hakikatnya bersifat normatif, artinya dilaksanakan berdasarkan sistem nilai dan
norma tertentu yang ada di masyarakat. Manusia diarahkan untuk mewujudkan
manusia ideal, yaitu manusia yang diharapkan sesuai dengan sistem nilai dan
norma tersebut. Pendidikan bersifat normatif dan manusia memiliki dimensi
moralitas karena itu aspek moralitas memungkinkan manusia untuk dapat didik.
2. Pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia baik dalam bentuk formal dan informal. Kaitkan pendidikan dan hak asasi manusia
jawab :
- Hak asasi manusia merupakan hak-hak alamiah yang tidak dapat dicabut karena ini adalah karunia Tuhan.Hak hidup, kebebasan dan pengejaran kebahagian.
- Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Dilihat
dari masing- masing pengertian dapat dikaitkan bahwa, Pendidikan sangat penting
bagi setiap orang, sehingga hak untuk mendapatkan Pendidikan menjadi hak asasi
bagi setiap orang.
3.Pendidikan selain memiliki tujuan, memiliki beberapa landasan salah satunya landasan sosiologi, Analisis hubungan timbal balik pendidikan dan masyarakat ?
jawab :
Hubungan timbal balik
masyarakat dan Pendidikan
- Kehidupan ekonomi
Makin tinggi Pendidikan
seseorang, maka peluang kesejateraan ekonominya akan lebih tinggi, sehingga
banyak masyarakat ingin menimbah ilmu Pendidikan setinggi – tingginya
- Stratifikasi sosial
- Mobilitas sosial
- Perubahan sosial.
a.
Jelaskan
Unsur-unsur Pendidikan ?
a. Unsur – unsur Pendidikan
Secara umum Pendidikan
merupakan pengalaman hidup yang berlangsung dan berpengaruh positif bagi
perkembangan seseorang.
Unsur Pendidikan yang
pertama yaitu;
- Keluarga,
Merupakan lingkungan
Pendidikan yang pertama dan utama karena manusia pertama kalinya memperoleh
Pendidikan dilingkungan ini sebelum mengenal lingkungan yang lain.
2. Sekolah,
Proses Pendidikan
disekolah melibatkan banyak hal,
Anatara lain;
- Tujuan pendidikan
- Peserta didik
- Pendidik
3. Dan unsur yang ke tiga
adalah masyarakat
b. Jenis pergaulan
berdasarkan pelakunya
- Pergaulan individu
adalah proses
interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu
- Pergaulan kelompok
adalah proses interaksi yang
dilakukan oleh individu dengan kelompok
- Pergaulan campuran
No comments:
Post a Comment