Diskusi 7 Mata kuliah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus / PDGK4407
PGSD Semester 6 Universitas Terbuka
Aplikasi pembelajaran yang efektif untuk mempersiapkan anak berkebutuhan khusus agar dapat bekerja di dunia kerja harus mencakup berbagai aspek keterampilan, baik teknis maupun sosial. Berikut adalah beberapa strategi dan pendekatan yang dapat diterapkan:
1. Kurikulum
Berbasis Keterampilan Hidup
a) Keterampilan
Sosial: Mengajarkan keterampilan komunikasi, bekerja dalam tim, dan resolusi
konflik.
b) Keterampilan
Sehari-hari: Fokus pada manajemen waktu, perencanaan, dan tugas-tugas dasar
seperti penggunaan komputer atau alat teknologi sederhana.
2.
Penggunaan
Teknologi Assistive
a)
Perangkat
Lunak Khusus: Menggunakan perangkat lunak yang dirancang untuk membantu anak
berkebutuhan khusus belajar keterampilan yang dapat digunakan di tempat kerja,
seperti software komunikasi atau aplikasi manajemen tugas.
b)
Pelatihan
Teknologi: Mengajarkan penggunaan teknologi yang relevan dengan pekerjaan,
seperti program pengolah kata, spreadsheet, dan perangkat lunak khusus
industri.
3.
Simulasi
Lingkungan Kerja
a)
Kelas
Simulasi: Membuat ruang kelas yang meniru lingkungan kerja untuk memberikan
pengalaman praktis.
b)
Role-Playing:
Menggunakan metode role-playing untuk mengajarkan prosedur kerja dan interaksi
di tempat kerja.
4.
Program
Mentoring dan Dukungan
a)
Mentor
Profesional: Menyediakan mentor dari dunia industri untuk memberikan bimbingan
dan dukungan.
b)
Pelatihan
Kesiapan Kerja: Program pelatihan yang fokus pada persiapan wawancara kerja,
penulisan CV, dan keterampilan mencari pekerjaan.
5.
Dukungan
Transisi
a)
Program
Transisi Sekolah ke Kerja: Membantu anak berkebutuhan khusus dalam transisi
dari sekolah ke dunia kerja dengan program khusus.
b)
Dukungan
Lanjutan: Memberikan dukungan berkelanjutan di tempat kerja seperti pelatih
kerja atau konselor.
No comments:
Post a Comment