DISKUSI 7 PEMBAHARUAN DALAM PEMBELAJARAN DI SD/ PDGK4505

 

DISKUSI 7

PEMBAHARUAN DALAM PEMBELAJARAN DI SD/ PDGK4505

SEMOGA BERMANFAAT

 

Masalah 1

Contoh permainan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani anak melalui aktivitas di luar kelas adalah permainan bola kasti.

Diskusikan contoh permainan lain! Uraikan tentang konsep kebugaran jasmani melalui bermain tersebut!

JAWAB :

Tentu! Selain bola kasti, masih banyak lagi permainan yang dapat mengembangkan kebugaran jasmani anak melalui aktivitas di luar kelas. Berikut adalah beberapa contoh permainan yang bisa menjadi pilihan:

1.      Sepak Bola: Permainan ini melibatkan gerakan berlari, berjalan cepat, tendangan, dan manuver tubuh untuk mengontrol bola. Sepak bola membantu meningkatkan kelincahan, kekuatan kaki, dan daya tahan kardiovaskular.

2.      Bulu Tangkis: Bulu tangkis adalah permainan yang memerlukan gerakan cepat, refleks, dan kekuatan otot tangan dan kaki. Bermain bulu tangkis dapat meningkatkan daya tahan, kecepatan, dan koordinasi mata-tangan.

3.      Lari Estafet: Permainan estafet mengajarkan kerjasama tim serta meningkatkan daya tahan dan kecepatan lari. Anak-anak dapat belajar bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan bersama sambil meningkatkan kebugaran kardiovaskular mereka.

4.      Renang: Renang adalah olahraga yang sangat baik untuk mengembangkan kebugaran jasmani secara menyeluruh. Aktivitas ini melibatkan hampir semua otot dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan, kekuatan, serta fleksibilitas.

5.      Panjat Tebing: Aktivitas ini membutuhkan kekuatan fisik, ketahanan mental, dan keterampilan teknis. Panjat tebing dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, kelincahan, dan konsentrasi.

Konsep kebugaran jasmani yang diperoleh melalui bermain permainan-permainan ini meliputi beberapa hal:

1.      Daya tahan kardiovaskular: Aktivitas bergerak seperti berlari, berjalan cepat, atau berenang dapat meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru, serta meningkatkan sistem peredaran darah.

2.      Kekuatan otot: Permainan seperti sepak bola, bulu tangkis, dan panjat tebing membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh, baik itu otot-otot kaki, lengan, atau inti tubuh.

3.      Kelincahan: Berbagai permainan melibatkan gerakan cepat dan manuver tubuh yang dapat meningkatkan kelincahan anak-anak, baik itu dalam menghindari lawan atau dalam mengontrol bola atau alat permainan lainnya.

4.      Koordinasi mata-tangan: Permainan seperti bulu tangkis dan bola kasti memerlukan koordinasi yang baik antara mata dan tangan untuk mengontrol pergerakan bola atau alat permainan.

5.      Keterampilan sosial dan kerjasama tim: Banyak permainan di luar kelas melibatkan kerja sama tim dan interaksi sosial yang dapat membantu anak-anak dalam membangun keterampilan sosial serta kepercayaan diri mereka.

MASALAH 2

Salah satu jenis kecerdasan pada anak adalah kecerdasan antardiri - interpersonal. Dengan kecerdasan ini, anak memiliki kemampuan untuk menyadari bila terjadi perubahan dalam lingkungan.

Jelaskan secara detail jenis-jenis kecerdasan pada anak!

JAWAB :

Tentu, Howard Gardner, seorang psikolog perkembangan, mengemukakan teori kecerdasan majemuk yang mengakui bahwa setiap individu memiliki beragam kecerdasan yang berbeda-beda. Berdasarkan teori ini, terdapat beberapa jenis kecerdasan pada anak, termasuk kecerdasan interpersonal yang Anda sebutkan, yang juga dikenal sebagai kecerdasan antardiri. Berikut adalah beberapa jenis kecerdasan yang diakui dalam teori Gardner:

1.      Kecerdasan Linguistik: Ini adalah kecakapan dalam menggunakan bahasa, baik lisan maupun tulisan. Anak dengan kecerdasan linguistik yang tinggi biasanya pandai berbicara, menulis, dan menghafal informasi dengan mudah.

2.      Kecerdasan Logis-Matematis: Ini adalah kemampuan untuk berpikir logis, menganalisis masalah, dan menggunakan penalaran matematika. Anak-anak dengan kecerdasan ini biasanya baik dalam pemecahan masalah, mengidentifikasi pola, dan memahami konsep-konsep abstrak.

3.      Kecerdasan Visual-Ruang: Ini melibatkan kemampuan dalam memvisualisasikan dan memanipulasi objek dalam ruang. Anak dengan kecerdasan visual-ruang yang tinggi cenderung mahir dalam menggambar, memecahkan teka-teki visual, dan memahami peta atau diagram.

4.      Kecerdasan Musikal: Anak-anak dengan kecerdasan musikal mampu mengenali, menghasilkan, dan mengapresiasi pola-pola suara. Mereka bisa memiliki kemampuan yang baik dalam bernyanyi, bermain alat musik, atau menghafal lagu dengan cepat.

5.      Kecerdasan Kinestetik-Tubuh: Ini adalah kemampuan dalam menggunakan tubuh secara cerdas dan ekspresif. Anak-anak dengan kecerdasan kinestetik-tubuh tinggi biasanya pandai dalam olahraga, menari, atau aktivitas fisik lainnya.

6.      Kecerdasan Interpersonal: Kecerdasan interpersonal atau antardiri adalah kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain dengan baik. Anak dengan kecerdasan ini sensitif terhadap perasaan orang lain, pandai dalam berkomunikasi, dan mampu membangun hubungan yang baik.

7.      Kecerdasan Intrapersonal: Ini adalah kemampuan untuk memahami diri sendiri, termasuk emosi, kekuatan, kelemahan, dan tujuan hidup. Anak-anak dengan kecerdasan intrapersonal yang tinggi memiliki kesadaran diri yang kuat dan kemampuan untuk mengatur emosi serta motivasi diri.

8.      Kecerdasan Naturalis: Ini melibatkan pemahaman dan koneksi dengan alam serta makhluk hidup di dalamnya. Anak dengan kecerdasan naturalis biasanya memiliki minat yang kuat dalam ilmu alam, lingkungan, atau hewan dan tumbuhan.

No comments:

DISKUSI 3 MATA KULIAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN SD. PDGK 4104

Jawaban ringkas dari 5  pertanyaan diskusi ini dibawah ini perlu analisis tambahan. Anda diminta untuk mengembangkan ide ke arah kebutuhan p...